-=Welcome to my blog=-

---ARCHITECT STUDENT with GAMER soul---

Selasa, 19 April 2011

Apa sih tujuan sebenarnya bermain game online ini?

Tak terasa, sudah menginjak tahun ke 3 sejak aku bermain game online ini...Sebenarnya, menginjak 1 tahun aku bermain game online, aku sudah sadar bahwa ini hanya buang-buang waktu dan uang.....


Pada saat pertama kalinya aku memegang game online adalah pada saat memasuki kelas 3 SMA..Sebenarnya aku sudah mengenal game online sejak jaman 2 SMP, tetapi tidak berani memainkannya karena harus ke warnet....



Jika ditanya kelebihan game online tuh apa sih? kok sampe digandrungi?
Berinteraksi dengan orang-orang di dunia maya, melihat orang yang saling bertengkar merupakan sesuatu yang asik bila sedang bermain game online. Tetapi yang terutama, laptop / spec komputer macam apapun [asal wajar] bisa untuk bermain game online.Di luar juga banyak warnet yang sudah menyediakan jasa. Data save karakter juga tidak akan hilang walau kita main di rumah atau di warnet. Tidak seperti game offline, harus mengikuti jaman bila ingin bermain game PC. Selain itu, save data juga hanya di PC / laptop itu saja, tidak bisa mobile...kalo di luar kota bbrp hari? laptop oke lah, kalau di PC? ya ga bisa maen kalau nganggur...

Akan tetapi kelemahan fatal game online.........
Karena bersifat online, jelas ada server yang menampung. Perusahaan yang membawa game tersebut jelas butuh biaya. Oleh karena itu, para pengguna [secara tidak langsung] diwajibkan membayar dengan membeli voucher. Dengan membeli voucher, kita mendapatkan barang-barang di game yang bagus atau barang yang dapat menunjang permainan....Akibatnya, bila sudah addict, gelap mata akan duit yang dikeluarkan dan terus menggosok voucher untuk bermain. Selain itu, masih ada jasa joki yang tentu tidak murah dan beresiko...
 Kelemahan yang lain, never ending game...yupz, game tersebut tidak akan ada tamatnya, beda dengan game offline pasti akan tamat kalau serius dimainkan. Kalau game online? tamat ketika engkau bosan....

-------------------------------------------------------------------------------

Game yang dahulu sebagai penghibur kala bosan, telah berubah fungsinya dewasa ini.....orang menjadi kecanduan dan susah untuk melepaskan...
Hanya untuk mendapatkan sesuatu yang MAYA, orang rela mengeluarkan jutaan rupiah hanya demi game yang tidak jelas dan tidak pasti....ini jelas berbeda dengan prinsip awal game......
Di game, ada beberapa orang seakan mengejar sebuah title --> tidak terkalahkan, melegenda.....HELLOOOOO, this is just a game !!! it doesn't worth if u famous at imaginary world, but still NOBODY at real world....

Mungkin karena kita bukan siapa siapa di dunia nyata, maka kita membalas dendam di dunia maya...........Tetapi, tetap hal ini tidak akan mengubah apa-apa...karena title tersebut hanyalah sebuah maya, bukan sebuah kenyataan yang dapat dibanggakan ke semua orang....

-------------------------------------------------------------------------------
Ada istilah di game online, "ga pakai RP ga dewa", hal ini dikarenakan banyak barang penunjang yang dijualnya harus dibeli dengan menggosok voucher..

sayang, hal ini seakan tidak berlaku buat saya. Walaupun saya juga gosok voucher, tetapi itu karena saya ntah kenapa kalau main tidak pernah beruntung dapat barang yang worth dijual, padahal yang ingin dibeli untuk menunjang permainan banyak.....alhasil terpaksa membeli barang memakai voucher kemudian dijual di mata uang game.....sedari dahulu selalu seperti ini......

Mungkin, ketika game online pertamaku, Rising Force [RF] Online, aku terlalu fokus, sehingga banyak sekali uang yang aku keluarkan. Terutama untuk membayar speedy setiap bulannya. Butuh waktu setahun untuk sadar dari hal ini...Banyak uang dikeluarkan hanya untuk membeli voucher dan membayar speedy.....

Oleh karena itu, ketika perlahan mundur dari RF, saya bertekad tidak lagi membuang uang untuk hal tidak jelas seperti ini....

Sayang, tekad tersebut lalai, tetapi tidak separah pengeluaranku untuk RF yang bila ditotal [voucher+spidi] 2jt lebih.....Pengeluaran bermain Rose online, Lineage 2, idol street masing2 dibawah 500rb [untuk voucher ajh].....Untungnya ketika jaman Lineage 2, spidi udah memakai paket unlimit sehingga tidak ada lagi bayaran untuk kelebihan quota...[dahulu jaman RF, bayar kelebihan quota pernah hampir mencapai 2x lipat dari harga awal]


Setelah itu, satu setengah tahun, aku bermain private server sehingga tidak membuang uang untuk membeli voucher.....Selain itu aku juga mulai menggandrungi TV series barat karena spidi unlimit, sehingga bisa download~

Menginjak tahun 2011, Granado Espada keluar, seperti janjiku yang dahulu, aku bertekad sebisa mungkin tidak bermain dengan mengeluarkan uang...akan tetapi, ternyata tidak mungkin...2 bulan pertama, aku sanggup bermain tanpa keluar biaya voucher....tetapi bulan maret dan april ini....maret aku sudah mengeluarkan uang untuk membeli voucher sebesar 200rb untuk dijual lagi agar mendapatkan uang di dalam game.......Begitu pula dengan bulan april ini...sudah 165rb aku keluarkan, untuk ditukarkan menjadi uang dalam game.............

------------------------------------------------------------------------------
Aku tahu kalau ini salah dan aku tau apa yang aku lakukan ini tidak penting, tetapi karena dorongan hati, dan kepuasan batin lah aku melakukan ini....bila tidak mendapatkan barang x padahal sedang dibutuhkan akan tetapi tidak ada uang, maka perasaan gusar ini akan melanda, sehingga aku ingin cepat menyelesaikannya agar perasaan gusar ini hilang.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar